Senin, 24 September 2012

Tips Melamar Pekerjaan

Dalam melamar pekerjaan, saya yakin banyak dari teman-teman semua bingung ingin melamar dimana atau bagaimana caranya menghadapi interview. ok, saya akan memberikan beberapa tips.

1. Cari pekerjaan yang benar-benar kamu minati, jika ternyata yang kamu minati tidak dapat tercapai, cari pekerjaan yang sekiranya mampu kamu jalani tanpa rasa TERPAKSA.
2. Cobalah belajar memahami diri, maksudnya mulai mengetahui kelebihan dan kekurangan dari diri kamu, karena itu merupakan kunci dari bakat minat serta kemampuan kamu dalam pekerjaan.
3. BERDOA. ya, berdoa adalah salah satu cara menenangkan jiwa dari stress, kalo kita stress, pasti susah menentukan pilihan. yang ada justru linglung atau gak PEDE.

dalam interview, kamu harus memperhatikan beberapa faktor. Yaitu:
1. GIGI. ya!Gigi adalah hal terpenting, bayangkan jika kamu tidak gosok gigi dan berkumur dengan larutan pembersih mulut. apakah kamu akan percaya diri memberikan senyum yang menawan? Senyum itu penting!
2. Kerapihan pakaian. Saya rasa sebagian besar masyarakat sudah mengetahuinya, jika pakaian kusut? waahh tidak terbayang.
3. Tenang. jangan panik, tenang dan tegas. Itu adalah nilai plus bagi calon karyawan atau karyawati.
4. Jangan banyak bicara. Cukup menjawab pertanyaan saja, dan selebihnya bercerita jika memang disuruh, tapi,,,,jangan terlalu bertele-tele. jika kalian disuruh bercerita, itu adalah jebakan yang menyeramkan. karena kalian di uji apakah kalian mampu merangkum sebuah cerita secara cepat, ringkas, jelas, tertata, dan lugas.
5. Perhatikan S.O.Pnya, ,SOP singkatan dari Standar Operational Prosedure, tidak tau S.O.Pnya? akan saya beritahu.
a. ketok pintu sebelum masuk, ucapkan salam, tersenyum dan tunggu di persilahkan masuk.
b. berdiri di sebelah kiri bangku dengan tegas tapi tidak kaku, jangan duduk sampai di persilahkan.
c. tarik bangku dengan tangan kanan, lalu duduk dengan tangan di atas paha, jangan terlalu loyo, tetap tegas tapi tidak kaku.
d. jangan menyentuh meja, selain dipersilahkan tanda tangan.
e. ketika berdiri, usahakan bangku tudak berisik. silahkan angkat dan geser kebelakan dengan kedua tangan sebelum berdiri.
d. kembalikan bangku ke tempat semula lalu berjabat tangan sebelum meninggalkan ruangan.
f. tetap tenang sampai menutup pintu. lalu anda boleh melompat-lompat karena sudah mampu menguasai situasi dengan mantap. 


Demikianlah kiat-kiat yang dapat saya bagi kepada teman-teman, semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar